TANJUNG SELOR – Provinsi Kaltara resmi memiliki gedung Sains Techno Park (STP) setelah Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo memotong pita di Universitas Borneo Tarakan (UBT) pada Rabu (25/9).

Usai meresmikan gedung STP, Patdono kemudian berkeliling melihat pameran produk pangan hasil kekayaan alam baik pertanian dan perikanan yang ada di daerah provinsi Kaltara, bahkan Patdono mencicipi sejumlah produk pangan hasil inovasi di Kota Tarakan tersebut.

Menurut Patdono memang tujuan dari dibangunnya STP yaitu sebagai wadah pengembangan dan penelitian potensi kekayaan alam provinsi Kaltara dengan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), guna meningkatkan kualitas dan perekonomian di Kaltara.

“Dengan adanya hasil inovasi yang memanfaatkan potensi yang ada di daerah tersebut, maka diharapkan bahwa akan bermunculan pengusaha-pengusaha pemula berbasis teknologi atau start up company di daerah tersebut yang melakukan penelitian kemudian memproduksi dan memasarkan produk potensi daerah tersebut secara massal,” jelas Patdono.

Direktur STP Kaltara, Heppi Iromo mengatakan saat ini STP Kaltara memiliki beberapa produk unggulan dari tenan di STP. “Produk itu adalah teh bawang, biskuit bandeng dan keripik karamel. Dari inventor, ada beberapa teh yang menjadi andalan di STP yaitu the karang munting dan teh kantung semar.

STP merupakan salah satu amanah dari Nawacita pemerintah saat ini (RPJMN 2015-2019) bahwa untuk pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah-daerah di Indonesia, salah satu strategi yang ditempuh adalah membangun STP di daerah-daerah.

Tidak semua perguruan tinggi baik negeri maupun swasta mempunyai STP. UBT, dinilai Patdono sangat beruntung karena menjadi salah satu dari ribuan perguruan tinggi  yang mendapat anggaran dari Kemenristekdikti untuk membangun STP, yang hanya berjumlah 22 STP.

Rektor UBT Adri Patton mengatakan meski STP ini berada di kawasan UBT, tetapi sebenarnya STP ini milik dari Kalimantan Utara, baik pemerintah provinsi maupun kabupaten kota dan perguruan-perguruan tinggi yang ada di Kalimantan Utara. Ke depan diharapkan para stakeholder terkait saling bekerjasama untuk menumbuhkembangkan STP Kaltara.

Selain meresmikan gedung STP Kaltara, Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti juga memberikan kuliah umum di UBT, serta groundbreaking gedung laboratorium dan perkuliahan terpadu di kawasan UBT.

Hadir dalam peresmian ini Plt. Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang Lainnya Kemal Prihatman, anggota DPR RI Komisi VII Ari Yusnita. Asisten Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Prov. Kalimantan Utara H.Syaiful Herman dan  Ketua DPRD Prov. Kalimantan Utara Norhayati Andris.

Jurnalis/foto: Kahfi – Editor: Sakasuti