DENPASAR – Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti ikut serta dalam pameran Ritech Expo 2019 Kemenristekdikti yang diselenggarakan empat hari tanggal 25-28  Agustus 2019, di Lapangan Puputan Renon, Denpasar Bali. Pameran Ritech Expo 2019 ini dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Kebangkatan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke 24.

Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti menampilkan berbagai hasil program kerja yang telah dicapai dalam kurun waktu 2015 sampai tahun 2019.

Produk-produk  yang dipamerkan antara lain informasi percepatan perizinan perguruan tinggi, tren pendidikan siber, produk Pusat Unggulan Iptek (PUI) & Science Techno Park (STP), program revitalisasi pendidikan tinggi vokasi, membagikan gratis buku “Berkomitmen Melayani” cetakan II, brosur, leafleat dan sticker-stikcer menarik, games dan hadiah, berbagai souvenir dan lain-lain.

Informasi terbaru yang dapat diperoleh masyarakat adalah mengenai percepatan perizinan perguruan tinggi terkait proses perizinan pendirian dan perubahan perguruan tinggi swasta dan pembukaan program studi perguruan tinggi yang semakin cepat menjadi 15 hari.

Selain itu, informasi mengenai pendirian Institut Pendidikan Siber Indonesia /ICE Institute, sebuah lembaga non struktural Kemenristekdikti dalam rangka penjaminan mutu, pengelola sistem pembelajaran dan galeri pembelajaran daring, dan informasi terkait matakuliah daring, program studi daring, universitas daring.

Pameran juga menampilkan produk-produk terbaru dari lembaga-lembaga PUI antara lain berupa parfum styraz tobarium dan propolis styrax, AIKO (alat identifikasi kayu otomatis), abalone, bunga lipstick, kuda laut trusther, gambung white tea, coklat bubuk vicco, bio tasted noni dan produk-produk kecantikan. Dari STP berupa produk helm, drone, energy converter, obat-obatan dan sebagainya

Sementara itu dalam program revitalisasi pendidikan tinggi vokasi disampaikan informasi mengenai program revitalisasi 12 politeknik negeri, sertifikasi, dual system, magang industri, dan retooling dosen vokasi. Disamping itu dipamerkan juga produk-produk hasil kerja sama politeknik seperti bench vise, mikrostruktur kit, elektro pneumatic mpdul, biscuit egg roll, pakan ayam ternak, benih padi, chip on board RFID, smart card dan mikro controller gonggong.

Dalam pameran ini Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti juga mengadakan permainan (games) yang ramai dikunjungi dengan hadiah-hadiah menarik mulai dari handphone, sepeda, tumbler, lampu meja, 10 power bank, USB dan sebagainya.

Redaksi/foto: rudsnow