Tugas pokok dan fungsi organisasi

Penyelenggara pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi terdiri atas:

  1. Atasan PPID;
  2. PPID Utama;
  3. PPID Pelaksana Bidang Teknis; dan
  4. PPID Pelaksana Bidang Penyimpanan dan Dokumentasi.

 

Tugas Penyelenggara Pengelolaan Dan Pelayanan Informasi Publik

  • Atasan PPID bertugas:
    • ​​​​​​memberikan persetujuan atas pengklasifikasian Informasi Publik yang dilakukan oleh PPID Pelaksana Bidang Teknis;
    • menetapkan Daftar Informasi Publik;
    • memberikan persetujuan perubahan pengklasifikasian Informasi Publik yang dikecualikan;
    • memberikan tanggapan atas keberatan; dan
    • mengawasi dan mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan Informasi Publik.
  • PPID Utama bertugas:
    • mengusulkan Daftar Informasi Publik untuk ditetapkan oleh Atasan PPID;
    • menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya berdasarkan masukan dari PPID Pelaksana Bidang Teknis
    • mengkoordinasikan pelaksanaan tugas PPID Pelaksana Bidang Teknis dan PPID Pelaksana Bidang Penyimpanan dan Dokumentasi;
    • menyelenggarakan Meja Informasi;
    • mengembangkan kapasitas Petugas Meja Informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik;
    • melaksanakan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik, baik melalui pengumuman maupun permohonan Informasi Publik;
    • membuat dan menyampaikan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak; dan
    • mengkoordinasikan pelayanan permohonan keberatan dan/atau banding atas keberatan yang diajukan oleh Pemohon Informasi Publik.
  1. PPID Utama bertanggungjawab kepada Atasan PPID.
  2. PPID Utama dibantu oleh Petugas Meja Informasi dan Petugas Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa yang ditetapkan dengan Keputusan Atasan PPID.
  3. Penyelenggaraan Meja Informasi dilakukan oleh Petugas Meja Informasi yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab langsung kepada PPID Utama.
  4. Pelayanan permohonan keberatan dan/atau banding atas keberatan yang diajukan oleh Pemohon Informasi Publik dilakukan oleh Petugas Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa yang dalam melaksanakan tugasnya bertanggungjawab langsung kepada PPID Utama.
  • PPID Pelaksana Bidang Teknis, bertugas:
    • mengumpulkan seluruh Informasi Publik dari setiap satuan kerja;
    • melakukan pengklasifikasian Informasi Publik yang terdiri atas informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib tersedia setiap saat, dan informasi yang dikecualikan;
    • melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Komisi Informasi sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan;
    • membuat  Daftar Informasi Publik; dan
    • memutakhirkan Daftar Informasi Publik.
  1. PPID Pelaksana Bidang Teknis bertanggungjawab kepada PPID Utama.
  2. PPID Pelaksana Bidang Teknis dibantu oleh sekretariat yang ditetapkan dengan Keputusan Atasan PPID.
  • PPID Pelaksana Bidang Penyimpanan dan Dokumentasi bertugas:
    • melaksanakan penyimpanan dan pendokumentasian Informasi Publik dari seluruh satuan kerja di Kementerian Riset dan Teknologi setelah berkoordinasi dengan PPID Pelaksana Bidang Teknis;
    • menyebarluaskan Informasi Publik dengan cara yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan dalam bahasa yang mudah dipahami;
    • membantu PPID Utama dalam rangka penyediaan dan pelayanan Informasi Publik; dan
    • mengembangkan kapasitas Petugas Dokumentasi informasi dalam rangka peningkatan kualitas layanan Informasi Publik.
  1. PPID Pelaksana Bidang Penyimpanan dan Dokumentasi bertanggungjawab kepada PPID Utama.
  2. PPID Pelaksana Bidang Penyimpanan dan Dokumentasi dibantu oleh Petugas Dokumentasi yang ditetapkan dengan Keputusan Atasan PPID.