JAKARTA – Sebanyak 32 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti,  mendapat orientasi dan pembekalan selama 3 hari mulai tanggal 2, 3 dan 6 Mei 2019 bertempat  di Ruang Auditorium dan Ruang Sidang Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta (6/5).

Seluruh 32 CPNS  ini masing-masing ditempatkan di Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi sebanyak 13 orang, Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi sebanyak 3 orang, Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengembangan 3 orang, Direktorat Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang lainnya 4 orang dan Sekretariat Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti 9 orang.

Para CPNS ini telah aktif pada satuan kerja masing-masing sesuai jabatan dan penempatannya terhitung mulai 2 Mei 2019.

Kegiatan pembekalan yang dihadiri para pejabat di lingkungan Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti ini terkait orientasi yang meliputi etika dan perilaku CPNS di lingkungan kerja serta pembekalan tentang bidang-bidang pekerjaan mereka masing-masing.

Kegiatan ini juga  terkait dengan perlunya CPNS untuk memahami satuan kerja serta uraian tugas jabatannya sebagaimana tertuang dalam UU No. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang menyatakan bahwa CPNS wajib menjalani masa percobaan selama 1 tahun dengan melalui proses pendidikan dan latihan.

Kepala Biro SDM Ari Hendarto Saleh mengingatkan kalau setiap CPNS itu dituntut bisa 3 S yaitu smart, solid dan speed. CPNS juga harus mengedepankan attitude yang baik untuk melayani masyarakat. “CPNS harus memenuhi SKP atau Sasaran Kerja PNS yaitu penilaian sesuai dengan prestasi kerja terkait dengan integritas, dan lain-lain.”

Sekretaris Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Agus Indarjo, hadir memberikan selamat kepada 32 CPNS yang telah diterima melalui berbagai tes. Agus Indarjo juga menegaskan kepada mereka untuk tidak malas dan tidak main-main dalam bekerja. “Yang kita butuhkan adalah militan-militan. Artinya kalian berkomitmen dan bersyukur,” katanya.

Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Totok Prasetyo, mengajak para CPNS untuk bekerja dengan senang agar mendapat hasil yang optimal, mengingat pekerjaan disini tergolong berat karena menangani 4.710 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

#SDMBerdaya #SDMKompetitif

Reporter: Kahfi
Foto: Bagus
Redaksi: Sakasuti