MEDAN – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan predikat akreditasi A kepada institusi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), predikat ini sekaligus menyatakan bahwa UMSU saat ini menjadi satu- satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera yang berhasil meraih akreditasi A dan kedua di Indonesia khususnya di luar pulau jawa.

Menurut Agussani Rektor UMSU akreditasi A untuk perguruan tinggi yang  berhasil diraih UMSU adalah berkat kerja keras yang dilakukan seluruh civitas akademika, dan kami merasa sangat bersyukur karena sukses meraih akreditasi perguruan tinggi dengan peringkat A.

Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak termasuk alumni dan pemangku kepentingan, Agussani menambahkan untuk mendapatkan akreditasi institusi A bukanlah perkara mudah karena syarat dan standard yang ditentukan oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN PT) harus terpenuhi dengan nilai maksimal.

Penilaian yang dilakukan BAN-PT meliputi proses pengajaran, penelitian  dan pengabdian masyarakat yang dijalankan UMSU, selain itu juga capaian prestasi dosen  maupun mahasiswa dibidang akademik dan non akademik dinilai secara kualitas dan  kuantitas.

Predikat Akreditasi A yang diraih UMSU jelas  diakui sebagai prestasi membanggakan, tapi bukan berarti upaya UMSU untuk terus berbenah dan memperbaiki diri menjadi berhenti. Dan tantangan paling berat itu justru bagaimana UMSU bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasi serta kepercayaan yang diberikan masyarakat.

Sumber: UMSU