LABUAN BAJO – Politeknik elBajo Commodus di Labuan Bajo, telah diresmikan 1 Maret 2019 dan siap membuka pendafataran siswa baru mulai ajaran tahun 2019 ini. Secara khusus kehadiran politeknik bidang pendidikan pariwisata ini didedikasikan untuk kemajuan pariwisata di Labuan Bajo dan Pulau Komodo di  Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Ketua Yayasan Bangkit Anak Negeriku Novita Halim menyampaikan, pada April tahun 2018 Yayasan Bangkit Anak Negeriku mendapatkan ijin dari Kemenristekdikti untuk Politeknik elBajo Commodus dengan tiga  progam studi Progam Studi Sarjana Terapan (D4) Pengelolahan Perhotelan, Diploma III Perhotelan dan Diploma III Ekowisata.

Novita Halim menjelaskan, bahwa pihaknya berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik untuk anak muda meskipun ada di Indonesia bagian timur yang belum semaju di Jawa. Pendidikan vokasi ini mengutamakan kualitas mutu dan mahasiswa harus memiliki keterampilan khusus saat mereka lulus dan  siap ditempatkan di industri manapun. Politeknik ini memiliki fasilitas lengkap, seperti laboratorium untuk kitchen ada dua  dengan fasilitas hotel bintang lima, laboraorium housekipping, loundry dan semua sudah disiapkan hotel di dalam politeknik. Untuk dosen juga dari berbagai penjuru nusantara yang berpengalaman di bidang pariwisata, seperti Sumatera, Jawa, Flores, Bali.

Mereka berkomitmen ingin memajukan pariwisata di Labuan Bajo yang ada Pulau Komodo, tempat diving dan wisata alamnya yang luar biasa. “Semuanya kita harapkan akan lebih berkembang wisatanya dengan adanya lembaga pendidikan pariwisata kami,’’ harap Novita Halim.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat Agustinus C. Dula menyampaikan rasa bangga dan terimakasih banyak serta rasa hormat karena peresmian Politeknik elBajo Commodus yang sudah direncanakaan sejak lama. Kehadiran politeknik ini membuat pihaknya merasa ada harapan karena perguruan tinggi merupakan mahkota dari sebuah ibukota sehingga harga diri Manggarai Barat bisa terangkat martabatnya.

Bupati berharap dengan kehadiran politeknik ini mampu mengangkat kelas pariwisata di wilayah tersebut menjadi setara dengan wisata dunia lainnnya. Diharapkan dengan adanya politeknik ini menciptakan sumber daya manusia yang nanti bisa mengimbangi perkembangan obyek pariwisata Labuan Bajo dan Pulau Komodo yang terus berkembang ke kelas dunia.

“Saya sampaikan kepada masyarakat Manggarai Barat bahwa ilmu di semua perguruan tinggi itu sama, referensinya juga sama. Oleh karena itu mari kita memanfaatkan perguruan tinggi ini dengan kuliah di peruruan tinggi ini dan tidak perlu jauh jauh kuliahnya. Cukup di Labuan Bajo ini saja,” harapnya.

Reportase dan foto: Rio/Cahyo

Redaksi: sakasuti