BOGOR – Dalam rangka pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan untuk tahun 2019 ini,  Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti menyelenggarakan kegiatan rapat koordinasi dan gathering selama dua hari, Kamis dan Jum’at (21/22 Feb) di Cisarua Bogor. Tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi pegawai sehingga pencapaian kinerja tahun 2019 dapat tercapai sesuai target yang ditetapkan.

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo, diawal sambutan saat membuka acara ini mengatakan bahwa beberapa target RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dari Renstra Kemenristekdikti Tahun 2015-2019 yang menjadi tanggung jawab Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti dapat dicapai.

“Dari laporan-laporan kinerja yang disampaikan Sekjen maupun Menteri Ristek dan Dikti ke Sekretariat Negara maka bisa dikatakan bahwa pencapaian kinerja dari Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti dari tahun ke tahun itu baik” ujar Patdono.

Tanggung jawab dimaksud adalah capaian target kinerja World Class University (WCU), perguruan tinggi terakreditasi A, peningkatan jumlah Pusat Unggulan Iptek (PUI) dan Science Techno Park (STP).

“Dari target 5, telah tercapai 3 perguruan tinggi WCU. Pada tahun 2014 sudah ada 2 perguruan tinggi yaitu UI dan ITB. Kemudian salah satu calon yang bisa menyusul saat itu adalah UGM yang pada saat Pak Menteri dilantik UGM menempati urutan ke 501 dan sekarang urutan ke 392,” terang Patdono.

“Kemudian target perguruan tinggi (PT) terakreditasi A tahun 2019  sebanyak 110 PT, pada saat ini sudah ada 86 PT terakreditasi A dari yang sebelumnya hanya 21 PT. Alhamdulillah target-target PT yang akreditasi A telah kita capai dengan baik yang dulu itu 21 sekarang itu 86,” lanjutnya.

“Adapun jumlah pendirian PUI target akhir tahun 2019 saat ini sudah tercapai. Dan untuk STP tidak hanya jumlah yang akan dicapai tetapi akan melakukan modifikasi ke target kinerja yang akan diberikan kualifikasi tidak hanya STP tetapi diubah menjadi STP yang utama.” Jelas Patdono.

Patdono yang didampingi oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Agus Indarjo, Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Totok Prasetyo serta Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Ridwan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegawai yang telah bekerja keras mewujudkan tercapainya kinerja Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti untuk tahun-tahun sebelumnya.

Selain memperoleh informasi penjabaran capaian kinerja dari pimpinan, para pegawai melakukan kegiatan outbond dan mendapatkan kuliah mengenai motivasi dari  motivator “Alvin Adam School” Jakarta, yang diundang khusus untuk membangkitkan motivasi kerja pegawai di lingkungan Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti.

Yanti.