Bantuan Implan Tulang Untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

PUI@

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan 360 implan tulang untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Implan tulang tersebut dapat digunakan untuk menyambungkan tulang korban yang retak, sedangkan bantuan tersebut akan diberikan kepada dokter dan rumah sakit yang merawat korban patah tulang.

Implan tulang bantuan inii merupakan hilirisasi hasil riset Pusat Teknologi Material Pusat Unggulan Iptek (PUI) Material Medis BPPT dan sudah di pamerkan dalam Indonesia Innovation Day 2017 di High Tech Campus Eindhoven, Belanda, tahun lalu.

Hasil PUI ini juga ? telah diproduksi oleh perusahaan lokal PT Zenith Allmart Precisindo di Surabaya dan dilabel dengan merk Zenmed+ dan tipe Stainless Steel (SS) 316L. Produk ini menggunakan 100 persen bahan dari daerah Sulawesi dan dibuat dari besi nikel (ferro-nickel) yang diperoleh dari PT Aneka Tambang yang ditambang di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Untuk pengembangannya ke depan, PT Zenith Allmart Precisindo akan memproduksi implan yang sama dari bahan yang lebih ringan, yaitu titanium.

Bantuan implan tulang ini diserahkan kemarin, Jumat, 5 Oktober 2018 lalu oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti Ainun Na’im di Gedung D Kemenristekdikti Senayan Jakarta. Hadir Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi, dan Material (TIEM) BPPT, Eniya Listiyani Dewi, dan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan/PUI Kemenristekdikti, Kemal Prihatman.

Pada kesempatan ini Ainun menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari BPPT bersama PT Zenith Allmart Precisindo yang? telah membantu untuk membangun kembali daerah dan penduduk yang terkena musibah bencana, alam khususnya untuk alat-alat kesehatan.

Tom rud snow

Share this: