Universitas Islam Indonesia Berangkatkan 10 Dokter Khitan ke Timor Leste

uii

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta memberangkatkan 10 dokter untuk melayani khitan massal di Timor Leste, Kamis (13/9/2018). Khitan massal sendiri akan berlangsung dua hari , Sabtu-Minggu 15-16 September 2018.

Pengiriman dokter ini selain untuk memenuhi permohonan dari Yayasan An Nur Dili, Timor Leste. Juga bentuk catur darma perguruan tinggi di bidang kemanusiaan. Para dokter  itu rencananya akan melayani 200 orang yang akan dikhitan. Mereka bukan hanya anak-anak namun juga orang dewasa, yaitu usia 20-35 tahun.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya fakultas kedokteran (FK) UII, Erlina Marfiyanti menjelaskan, Yayasan An Nur dan FK UII sudah melaksanakan MoU sejak dua tahun lalu.  Kerja sama terdiri dari dua poin yaitu penerimaan mahasiswa baru dari Timor Leste, dan pengabdian masyarakat.

“Untuk penerimaan mahasiswa sendiri belum terlaksana,  sehingga khitan massal jadi perwujudan kerja sama pertama,” kata Erlina saat pelepasan 10 dokter ke TimorLeste di auditorium, FK UII, Kamis (13/9/2018).

Untuk itu,  gelaran khitan massal  ini diharapkan  menjadi langkah awal yang membawa misi dakwah dan Ukhuwah Islamiyyah. Sekaligus untuk mewujudkan catur dharma tentang pengabdian masyarakat.

Dosen fakultas ilmu agama Islam (FIAI) UII Muzhoffar Akhwan mengatakan, sebenarnya, permintaan khitan massal ini bulan Juli lalu. Namun dengan berbagai pertimbagan baru bisa  memenuhi bulan September ini.

“Kegiatan khitan massal ini tentu  relevan dengan visi dan misi UII yang rahmatan lil alamin,” tandasnya.

Sumber dan Foto SINDOnews/Priyo S

Share this: