Faster, Better & Cheaper

FKP

Dalam rangka reviu dan perbaikan terhadap standar pelayanannya, Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti? menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik (FKP), Selasa, 28 Agustus 2018, di Auditorium Gedung D Kemenristekdikti, Senayan Jakarta.

Acara FKP ini diikuti sekitar 40 peserta dari kalangan pergururuan tinggi swasta yang tentunya pernah berhubungan dengan pelayanan pendirian PTS, pembukaan program studi, perubahan bentuk PTS serta yang berhubungan dengan pelayanan izin tenaga ahli dan mahasiswa asing.

Dalam sambutan pembukaannya, Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwigjo mengatakan Kemristekdikti telah mempercepat proses perizinan. “Ini bagian dari revitalisasi Kemenristekdikti berupa peningkatan layanan publik untuk lebih cepat (faster), lebih baik (better) dan murah (cheaper),” ujarnya

Menurut Patdono, periode usulan izin pendirian ? perguruan tinggi maupun pembukaan program studi akan diperbanyak. Semula dibuka hanya dua kali dalam setahun. Pada tahun 2018 akan dibuka setiap tiga bulan sekali atau empat kali dalam setahun. Bahkan ada rencana untuk dibuka setiap saat sehingga tidak memerlukan lagi periodesasi.

Namun untuk itu Patdono masih mempersiapkan sumber daya untuk merealisasikan target tersebut.? Di sisi lain, Patdono juga berharap dibukanya usulan ini akan dimanfaatkan oleh perguruan tinggi dengan mengikuti semua persyaratan. “Karena ada perguruan tinggi yang usulannya diminta direvisi pada periode berikutnya, namun revisi tersebut tidak dilakukan.”

Pada acara FKP ini ? Direktur Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi Ridwan mempresentasikan standar pelayanan dan SOP terkait pendirian PTS, pembukaan program studi dan perubahan bentuk PTS dan Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Totok Prasetyo mempresentasikan perkembangan baru layanan izin tenaga ahli dan mahasiswa asing dihadapan para peserta.

Para peserta masuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan, memberi tanggapan, melakukan riveu dan memberi masukan konstruktif terhadap standar pelayanan dan SOP di Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti saat ini.? Penyelenggaraan kegiatan FKP ini merupakan bagian dari upaya peningkatkan kualitas pelayanan publik di Kemenristekdikti, dan diharapkan dari kegiatan ini dapat berdampak pada? peningkatan indeks reformasi birokrasi Kemenristekdikti pada tahun 2018 maupun tahun-tahun berikutnya.

 

Tom/rs

Share this: