STP dan PUI Semakin Kolaboratif, Siap Pasarkan Riset ke Uni Eropa

hakteknas1

Pusat Unggulan Iptek (centers of excellent) dan Science and Techno Parks di Indonesia saat ini sudah dapat saling terkoneksi satu sama lain secara online. Upaya dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptekdikti dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tersebut bertujuan untuk memudahkan komersialisasi hasil riset.

“Kita sudah buat sistemnya online, dimana STP-STP yang ada di Indonesia ini maupun PUI yang sekarang jumlahnya 127 itu bisa berkomunikasi satu dengan lainnya untuk melakukan kolaborasi,” ungkap Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo.

Patdono menyampaikan hal tersebut saat memberikan materi pada International Seminar on Sustainable Palm Oil Industry pada Kamis, 10 Agustus 2018 di Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Pelalawan, Kabupaten Kampar, Riau.

“Kalau ada center of excellent di suatu negara Eropa atau science and techno park di negara Eropa, kemudian dia ingin mencari partner, maka bisa dimasukkan ke dalam websitenya, kemudian semua negara di Uni Eropa itu bisa merespon,” ungkap Patdono.

Patdono menyampaikan saat ini 127 Pusat Unggulan Iptek (PUI) atau Centers of Excellent telah berkolaborasi dalam 34 program komersialisasi hasil riset, terutama di sektor food and agriculture. Hasil riset tersebut ditargetkan dipasarkan ke luar negeri, termasuk ke pasar Eropa.

“Saya sampaikan kepada mereka, apakah bisa sistem yang dikembangkan di Indonesia dicantolkan di situ, sehingga nanti tawaran dari Indonesia bisa direnspon negara Eropa. Mereka menyambut baik,” papar Patdono di hadapan mahasiswa dan dosen dalam bidang perkebunan kelapa sawit.

International Seminar on Sustainable Palm Oil Industry ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Kebangkitan Nasional tahun 2018 yang diselenggarakan di Provinsi Riau. Topik seminar ini berfokus pada penelitian dan pendidikan kelapa sawit agar sawit Indonesia dapat terus diekspor, terutama ke Uni Eropa, dengan memperhatikan sustainabilitas.

Tom/rudsnow

Share this: