Workshop Pemimpin Perguruan Tinggi, Tindak Lanjut Hingga Laporan Akhir Tahun

tes

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah selesai menyelenggarakan  Workshop Kepemimpinan bagi Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri, baik untuk pimpinan universitas negeri maupun untuk politeknik.

Workshop untuk universitas negeri berakhir pada Minggu, 15 Juli 2018 lalu dan untuk politeknik negeri pada Minggu, 22 Juli 2018. Keduanya ditutup di salah satu hotel di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya.

“Tahap akhirnya itu sebetulnya adalah, kalau kita bicara akuntabilitas, dari rencana mereka itu, akan muncul di laporan tahunan mereka di akhir tahun. Kita akan follow up hingga akhir tahun,” kata Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi Widijanto Satyo Nugroho.

Dewan Pendidikan Tinggi (DPT) adalah yang merancang sekaligus melaksanakan kurikulum workshop tersebut.  Sebagai sekretaris jenderael DPT, Widijanto berharap ada pertukaran pengalaman dan gagasan dari para rektor universitas dan direktur politeknik tersebut.

“Karena mereka bisa mengidentifikasi persoalan di perguruan tingginya, kita berharap mereka langsung bisa membayangkan dengan bertukar pikiran, bertemu, berdiskusi dengan pimpinan yang lain. Mereka bisa lihat, persoalan (PTN lainnya) yang dihadapi,” ungkap Widijanto.

Selain pertukaran gagasan, workshop yang mengumpulkan belasan pemimpin PTN tersebut diharapkan dapat membantu rektor dan direktur memperkirakan permasalahan yang muncul di masa depan.

“Mereka bisa lihat, di level ini, ini persoalan saya, tapi ternyata (mereka juga bisa lihat) di setiap layer ada permasalahan. Saat mereka mulai membaik, mereka mulai bisa melihat masalah dengan lebih baik, sehingga bisa direncanakan dengan semua komponen yang mereka miliki,” ujarnya.

tom

Share this: