Masih Belum Merata, Setiap Politeknik Negeri Didorong Berakreditasi A

totk

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) usai menyelenggarakan Workshop Kepemimpinan bagi Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri berbentuk Politeknik.

Pelatihan yang diadakan di salah satu hotel di Jalan Basuki Rahmat, Surabaya ini berlangsung sejak Jumat, 20 Juli hingga Minggu, 22 Juli 2018, dan menjadi yang terakhir dari rangkaian pelatihan yang berlangsung sejak 2017. Ada 12 direktur politeknik negeri yang ikut dalam pelatihan.

“Mengapa kita berikan pelatihan? Supaya mereka paham betul, karena belum tentu semua pemimpin perguruan tinggi (punya) leadership yang kuat,” ungkap Direktur Pembinaan Perguruan Tinggi Totok Prasetyo, yang menyelenggarakan workshop tersebut.

Totok mengatakan bahwa workshop untuk pemimpin politeknik negeri berbeda dengan pendidikan dan pelatihan (diklat) biasa, karena pemimpin perguruan tinggi dipilih secara demokratis, yang belum tentu punya pengalaman dalam memimpin perguruan tinggi, terutama mengatur keuangan. “Keinginan kami adalah pimpinan perguruan tinggi mengerti tentang keuangan ini,” kata Totok.

Ia juga ? menuntut ke 12 politeknik negeri yang mendapat workshop ini bisa mendapat akreditasi institusi A dengan mayoritas program studinya juga berakreditasi A. “Saya tantang politeknik-politeknik ini. ? Sekarang baru ada tiga yang A, dan semuanya terkonsentrasi di Jawa.

Saat ini politeknik yang mendapat A masih belum merata, oleh karena itu kementerian akan mendorong setiap politeknik negeri berakreditasi A. “Jangan lagi ada dikotomi Jawa dan Luar Jawa,” ungkap Totok.

Tiga politeknik yang sudah mendapat akreditasi A, yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Negeri Bandung (Polban), dan Politeknik Negeri Semarang (Polines).

Adapun Politeknik negeri yang mendapat pelatihan ini mencakup Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Politeknik Negeri Sriwijaya, dan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung.

Selanjutnya adalah ? Politeknik Maritim Negeri Indonesia, Politeknik Negeri Madiun, Politeknik Negeri Madura, ? Politeknik Negeri Pontianak, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Negeri Manado, ? Pertanian Negeri Pangkajene Kepualauan dan Politeknik Negeri Tanah Laut.

tom

Share this: