PUI: Fokus ke UKM yang Membutuhkan Hasil Riset

PU!

Kemenristekdikti kembali? mengingatkan seluruh lembaga penelitian dan pengembangan (Litbang) yang sudah menjadi Pusat Unggulan Iptek (PUI) untuk mulai mencari usaha kecil dan menengah (UKM) yang membutuhkan hasil riset untuk bermitra.

Hal itu disampaikan Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemenristekdikti Kemal Prihatman dihadapan seluruh PUI yang berada di bawah lembaga negara, perusahaan, maupun perguruan tinggi? ketika membuka? Rapat Koordinasi PUI 2018 di Balai Konservasi Kebun Raya Bogor pada Senin (14/5).

Kemal menyampaikan bahwa salah satu tantangan bagi PUI saat ini terletak pada ada jarak antara PUI dengan masyarakat yang membutuhkan, yaitu UKM.? ? “Bagaimana peran teman-teman? PUI ini langsung bisa terlibat di UKM. Saya harapkan di 2019 ke depan,? PUI punya teman-teman UKM dan bisa langsung memberikan hasil riset kepada UKM yang membutuhkan,” harap Kemal.

Menurut Kemal bermitra dengan UKM itu bukanlah dalam arti kita sebagai partner dalam berjualan, tapi justru bagian dari UKM itu, bagian dari industri itu,” ungkap Kemal di hadapan sekitar 130 peserta dari seluruh Indonesia.

Kemal mengungkapkan banyak negara yang maju karena lembaga penelitiannya tidak enggan melayani permintaan penelitian dari luar industri besar.? “Di beberapa negara dalam waktu singkat UKM-UKM cepat berkembang, karena dibantu oleh riset. UKM kan tidak punya lembaga riset. Ternyata perguruan tingginya mensupport,” ungkap Kemal.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan memberi tantangan agar PUI bisa memulai dari UKM untuk membuktikan risetnya bermanfaat. “Tidak perlu industri besar, UKM saja dulu,”? kata Kemal sampai tersenyum.

tom/rudsnow

Share this: