Penerima Bantuan Program Pembinaan PTS Dituntut Tingkatkan Kualitas Prodi

1

Sebagai mayoritas penyedia layanan pendidikan tinggi bagi rakyat, perguruan tinggi swasta (PTS) mendapatkan dukungan dan bantuan dari pemerintah baik dalam bentuk gedung, peralatan, maupun mesin. Namun bantuan harus dapat mendorong PTS, terutama PTS dari kluster 4 dan 5, untuk meningkatkan akreditasi program studi dan institusi selama tiga tahun ke depan.

Demikian dikemukakan Sekretaris Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Agus Indarjo pada penandatanganan berita acara serah terima barang peralatan dan mesin bantuan program pembinaan PTS (PP-PTS), Jumat 23 Maret 2018, di Kantor Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah VI, Semarang. Hadir utusan 19 PTS dari Kopertis Wilayah III, IV, V, dan VI yang melakukan serah terima.

Agus menandaskan, pemerintah berfokus pada kualitas PTS.  “Awal  tugas Kemenristekdikti adalah memberikan izin prodi dan  institusi, kemudian melakukan pendampingan, dan akhirnya pada hari ini kami menuntut peningkatan mutu program studi dan institusi. Kita harus lihat betul, bantuan itu signifikan dalam jangka dua-tiga tahun, akan ada perubahan atau tidak, akan dilakukan monitoring dan  evaluasi,” ujar Agus.

Tidak Membedakan

Dalam kesempatan yang sama Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Totok Prasetyo menegaskan,  pemerintah berupaya meningkatkan kualitas PTS agar tidak kalah dari PTN dalam akreditasi. Hal ini dibuktikan dengan hampir berimbangnya akreditasi institusi perguruan tinggi yang mencapai A  antara PTN dan PTS

“Salah satu bukti pemerintah tidak membedakan swasta atau negeri, saat ini total yang berakreditasi A ada 68. Yang di bawah koordinasi Kemenristekdikti ada 60. Posisinya 29 swasta 31 negeri,” ujar Totok.

Totok berharap PTN dan PTS meningkatkan kualitas agar terus mendapatkan mahasiswa, karena mahasiswa sudah semakin cerdas dalam memilih perguruan tinggi. “Masyarakat sekarang sudah aware dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, sudah aware dengan akreditasi,” ungkap Totok.

tom/bgs/rs

Share this: