IPB siap bantu Kabupaten Musi Rawas menjadi kawasan agropolitan

IPB---Musi-Rawas

Bogor (Antaranews Megapolitan) – Bupati Musi Rawas, Ir. H. Hendra Gunawan, MM dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB), Dr. Arif Satria, menandatangani naskah kesepahaman, di IPB International Convention Center (IICC) Bogor (26/2). Selanjutnya dilakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama oleh Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB, Dr. Aji Hermawan, dengan Kepala Bappeda Kabupaten Musi Rawas, Ir. Suharto, MM.

Rektor IPB menyampaikan, melalui kerja sama merupakan pintu diseminasi inovasi IPB dapat menjadi pembelajaran bagi mahasiswa dan masyarakat. Rektor menambahkan, bahwa IPB  juga  banyak memiliki sekolah lapang yang bisa mendiseminasikan inovasi ke masyarakat.

”Kita bisa saling bersinergi, kolaborasi di tiga area, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujar rektor.

Bupati Musi Waras mengatakan, potensi utama Kabupaten Musi Rawas adalah dari sektor pertanian sebanyak 80 persen. ”Sejak zaman kolonial sudah punya irigasi yang besar, tetapi saat ini irigasi banyak tidak berfungsi. Selain itu, ketimpangannya pun tinggi sekali dengan ibu kota provinsi, karena letaknya yang jauh,” ujar bupati.

Oleh karena itu, bupati berharap IPB dapat membantu Kabupaten Musi Rawas menjadi kabupaten yang sukses dengan program kawasan agropolitan.

Tampak hadir di antaranya Kepala Pusat Kajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) LPPM IPB, Dr. Ernan Rustiadi; dan Dekan Fakultas Kehutanan IPB, Dr Rinekso Soekmadi. (dh)

sumber : https://megapolitan.antaranews.com/berita/37518/ipb-siap-bantu-kabupaten-musi-rawas-menjadi-kawasan-agropolitan
Share this: