Tindak Lanjut Program ILE Rolls-Royce-Kemenristekdikti

m

Kemenristekdikti- Rolls-Royce, hari Selasa, 20 Februari 2018 mengadakan acara Workshop Rencana Tindak Lanjut Program International Learning Experience (ILE) yang diselenggarakan di Ruang Multi Media, Gedung Pusat Universitas Gadjahmada, Yogayakarta. Workshop diikuti alumni program ILE.

Program ILE Kemenristekdikti- Rolls-Royce adalah program Rolls-Royce Jakarta yang bekerjasama dengan Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti dan British Council Jakarta dalam pengembangan sumber daya terkait dengan manajemen perguruan tinggi dan university technology center (UTC) di Indonesia melalui pelatihan di Ashridge Business School, London, Inggris.

Dari tahun 2015 sampai 2017 sudah dilaksanakan pelatihan sebanyak 3 angkatan dengan melibatkan total peserta sebanyak 31 orang yang berasal dari perguruan tinggi dan Kemenristekdikti. Ada ? empat perguruan tinggi Indonesia yang terlibat aktif, yaitu UI, UGM, ITB, dan ITS.

Dalam sambutan sekaligus pembukaan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo mengharapkan ada tindak lanjut program ini secara konkrit agar dapat lebih terarah.

Patdono berharap program ini dapat diperluas, tidak hanya di bidang peningkatan kompetensi tetapi? dapat di kembangkan di bidang industri dan inovasi melaui grant dari Rolls-Royce. “Supaya perguruan tinggi di Indonesia dapat melahirkan inovasi.” ujar Patdono.

Caranya, menurut Patdono, riset dan inovasi secara prioritas di integrasikan dengan program yang sudah ada di perguruan tinggi, yaitu melalui pusat unggulan iptek (PUI) masing-masing universitas. ”Supaya tidak mengulang lagi dari awal,” katanya.

Regional Director for SE Asia, Pacific and South Korea Rolls-Royce Bicky Bhangu berbicara Prospective Collaboration Rolls-Royce-Indonesian Higher Education menyambut baik usulan kerja sama hibah di bidang riset dan inovasi.

“Kami mengundang perguruan tinggi di Indonesia untuk menyampaikan gagasan terbaik dalam meningkatkan kemampuan riset dan inovasi lebih tinggi. Kami menawarkan kesempatan bagi pemenang sebanyak? 10.000 euro dan bimbingan untuk membantu keberhasilan riset dan inovasi perguruan tinggi.

Dalam workshop juga disampaikan kebijakan pengembangan penelitian pada perguruan tinggi oleh Direktur Riset da Pengabdian kepada Masyarakat Kemenristekdikti Ocky Karna Radjasa dan Kebijakan pengembangan Inovasi pada perguruan tinggi oleh Direktur Inovasi Industri Kemenristekdikti.

rs/foto bagus

Share this: