Menristekdikti: Pemimpin PTN Perlu Fokuskan Prioritasnya

crowne

Pemimpin perguruan tinggi negeri (PTN), baik rektor maupun direktur, diarahkan untuk fokus pada prioritas program sesuai tujuan perguruan tingginya. Untuk dapat mencapai prioritas tersebut, mereka diberikan pelatihan kepemimpinan oleh Kemenristekdikti.

“Rektor harus membuat preference scale atau skala prioritas. Resource itu terbatas, pimpinan PTN harus mampu membuat skala prioritas yang ditetapkan oleh universitas,” ujar Menristekdikti Mohamad Nasir dihadapan sejumlah pemimpin PTN saat membuka Workshop Kepemimpinan bagi Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2017 di Crowne Plaza, Jakarta, Kamis (2/11).

Nasir menyampaikan skala prioritas yang diambil harus sesuai dengan tujuan universitas, baik itu teaching university, research university, atau entrepreneur university.

Kemenristekdikti berencana akan memberikan workshop serupa kepada seluruh pemimpin PTN di seluruh Indonesia. Workshop yang diselenggarakan selama dua hari ini adalah pilot project dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti yang akan dirutinkan oleh Pusdiklat Kemenristekdikti.

“Rektor atau direktur PTN harus tahu mengenai akademik, sumber daya dan keuangan, kemahasiswaan, research, dan kesejahteraan pegawai,” ungkap Nasir.

Workshop ini turut diisi oleh Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti, Patdono Suwignjo, beberapa mantan rektor PTN, dan guru besar dengan latar belakang sesuai topik. Turut hadir juga dalam pembukaan ini Direktur Pembinaan Perguruan Tinggi Toto Prasetyo dan Kepala Pusdiklat, Wisnu Sarjono.

 

Tom/sn

Share this: