Pengalihan Aset Supaya Tujuan STP Tercapai, Mampu Menghadapi Kompetisi

aset

Kemenristekdikti, Kamis (2/11/2017), mengalihkan atau menyerahkan aset barang milik negara (BMN) kepada dua Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan satu PTN.? Pengalihan aset BMN berupa bangunan, peralatan dan mesin dari Kemenristekdikti kepada tiga institusi tersebut terkait dengan pengembangan sience techno park (STP) di daerah-daerah.

Kedua Pemda yaitu Kabupaten Sumbawa untuk pengembangan STP Sumbawa dan Kabupaten Sragen untuk STP Sragen, sedangkan untuk PTN adalah Universiatas Dipenogoro yang mengelola STP Jepara.

Penandatanganan serah terima BMN tersebut diselenggarakan di Gedung Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta. Pihak Kemenristekdikti diwakili oleh Sekretaris Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Agus Indarjo.? Pihak penerima dari Pemkab Sumbawa diwakili oleh Sekda Rasyidi, Pemkab Sragen diwakili oleh Sekda Tatag Prabawanto dan rektor Universitas Dipenogoro, Yos Johan Utama.

Aset yang diserahkan Kemenristekdikti? untuk pihak Pemkab Sumbawa antara lain berupa gedung workshop dan rumah genset STP serta sejumlah peralatan dan mesin.? Sedangkan aset yang diserahkan untuk Pemkab Sragen adalah hasil renovasi gedung dan fasilitas Sragen Techno dan sejumlah peralatan dan mesin. Aset ini digunakan untuk pengembangan UPT latihan kerja Technopark Ganesha Sukowati Sragen.

Sementara aset yang diserahkan ke pihak Universitas Diponegoro adalah renovasi gedung Hatchery STP Jepara, renovasi gedung Training Center, dan juga sejumlah peralatan dan mesin.

Ketentuan BMN ini diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 111/PMK.06/2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemindahtanganan Barang Milik Negara, dan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 90 Tahun 2016 tentang Pelimpahan Sebagian Wewenang dan Tanggung Jawab Pengelolaan Barang Milik Negara di Lingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Serah terima BMN ini disaksikan oleh Sekjen Kemenristekdikti, Ainun Naim, dan para undangan, baik dari perguruan tinggi maupun para pejabat Pemda.? Dalam sambutannya, Ainun berharap melalui penyerahan BMN ini pengembangan program STP bisa terus mencapai tujuannya, berkontribusi, membuat produk-produk baru, dan berguna bagi nusa dan bangsa agar bisa menghadapi situasi kompetisi yang semakin tinggi.

Bagus/rudsnow

Share this: