Pengunjung Ramaikan Stand PUI-PT dan STP di RITECH EXPO 2017 Makassar

ritech rev

Dalam rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-22 di Makassar, juga diselenggarakan RITECH Expo 2017 sebagai ajang pameran kemampuan teknologi dan inovasi Indonesia. Pameran RITECH Expo kali ini berlangsung di Wisma Negara – Center Point of Indonesia, Makassar tanggal 10 – 13 Agustus 2017.

RITECH Expo diikuti ratusan peserta dari berbagai lembaga/kementerian, unit kerja, perusahaan/industri, lembaga litbang dan perguruan tinggi. Grup Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti terdiri 24 stand pameran perkembangan STP maupun produk-produk Pusat Unggulan Iptek dari berbagai perguruan tinggi (PUI-PT).

Ke-24 stand itu adalah dari SEAFAST Center (Institut Pertanian Bogor), Pusat Kajian Hortikultura Tropika (Institut Pertanian Bogor), Pusat Penelitian Surfaktan Dan Bioenergi (Institut Pertanian Bogor), Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan (Institut Pertanian Bogor), Pusat Studi Satwa Primata (Institut Pertanian Bogor), Ma Chung Research Center for Photosynthetic Pigments (Ma Chung University).

Pusat Studi Biofarmaka Tropika (Institut Pertanian Bogor), Pengembangan Dan Pemanfaatan Rumput Laut (Universitas Hasanudin), Agroindustri Atsiri (Universitas Brawijaya), Lembaga Penyakit Tropis (Universitas Airlangga), Pusat Penelitian dan Pengembangan Stem Cell (Universitas Airlangga), Pusat Riset Rekayasa Biomedis (Universitas Indonesia), Pusat Kajian Mitigasi Bencana Dan Rehabilitasi Pesisir (Universitas Dipenogoro), Konsorsium Riset Teknologi Reklamasi Lahan (Universitas Jambi), Konsorsium Riset Pengelolaan Hutan Tropis Berkelanjutan (Universitas Lambung Mangkurat), Mitigasi Bencana Tsunami – Tsunami And Disaster Mitigation Research Center (Universitas Syiah Kuala).

Selain itu, dari Pusat Unggulan Studi Sosial Asia Tenggara (Universitas Gajah Mada), Pusat Unggulan dan Inovasi Teknologi Mitigasi Kebencanaan (Universitas Gajah Mada), Pusat Mikroelektronika (Institut Teknologi Bandung), Pusat Pengembangan Teknologi Transportasi Berkelanjutan (Institut Teknologi Bandung), Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi (Institut Teknologi Bandung), Pusat Unggulan Teknologi Pertahanan dan Keamanan (Institut Teknologi Bandung), Sistem  dan Kontrol Otomotif (Institut Teknologi Sepuluh November), Mechatronics and Industrial Automation Research Center (Institut Teknologi Sepuluh November).

Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti juga memamerkan perkembangan Science Tecno Park (STP) di Indonesia, seperti STP dari Puslit Kopi Kakao Indonesia Jember, STP UGM, IPB Science Park, dan STP ITB.

Ajang RITECH Expo Makassar ini sarat dengan pengunjung. Beberapa stand yang cukup menarik perhatian adalah dari STP Kopi Kakao Indonesia Jember yang memproduksi sabun yang terbuat dari kakao dan produk olahan coklat lainnya. Sementara ITS  mempromosikan GESITS motor listriknya yang terkenal itu.

Konsorsium Riset Pengelolaan Hutan Tropis Berkelanjutan mengenalkan produk madu dan kopi dengan berbagai rasa seperti jahe kopi dan madu kopi. Selain membeli, pengunjung juga bisa mencoba produk tersebut.

Dari Pusat Riset Rekayasa Biomedis yang memperkenalkan Melipolis,  yaitu propolis yang berkhasiat sebagai antibiotik alami dan dapat membantu pertumbuhan kornea mata lalu sebagai antioksidan alami.

RITECH Expo di Makassar ini dibuka oleh Wakil Presiden M Jusuf Kalla. Wapres didamping Menristekdikti dan mantan Presiden RI ke-3 Burhanudin Jusuf Habibie. Tema RITECH Expo “Mendorong Pembangunan Poros Maritim Berbasis Pengetahuan.”

bgs/firly/sn

Share this: