Melihat Langsung Produk Kopi dan Coklat Unggulan

IMG-20170723-WA0039

Seluruh pegawai Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti yang mengikuti acara rapat koordinasi pada tanggal 21-23 Juli 2017 di Banyuwangi, berkesempatan melihat langsung produksi kopi dan coklat Pusat Unggulan Iptek (PUI) Kopi dan Kakao di Jember.

Sebagaimana diketahui, Pusat Unggulan Iptek Kopi dan Kakao di Jember ini telah turut dibina oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti hingga berkembang menjadi sebuah kawasan Science Techno Park (STP).

Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo mengatakan seluruh pegawai harus mengetahui dan melihat langsung STP Kopi dan Kakao yang ada di Jember ini. “STP Kopi dan Kakao adalah salah satu STP yang mature, maka seluruh pegawai Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti harus melihat langsung kawasan STP ini seperti apa, karena STP merupakan hal baru yang ada di Indonesia.

“STP Kopi dan Kakao Jember ini terdapat tempat penelitian untuk Kopi dan Kakao yang unggul hingga produktifitas sampai produk tersebut dapat sukses dijual, maka dari itu seluruh pegawai harus melihatnya secara langsung” ujar Patdono. Direktur Coffee and Cocoa Science Technopark (CC-STP) Misnawi menyambut baik kunjungan seluruh pegawai Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kemenristekdikti, sejak dicetuskan sebagai Pusat Unggulan Iptek kami menjadi percaya diri dalam melakukan pengembangan di kawasan ini, sehingga bisa menjadi STP seperti sekarang,” ujarnya.

Pada kesempatan itu seluruh pegawai melakukan eduwisata di kawasan CC-STP. Saat melakukan eduwisata seluruh pegawai mengelilingi perkebunan kopi dan kakao menggunakan kereta unik dari kayu.

Para pegawai juga diajak melihat proses pembuatan coklat mulai dari biji coklat kering, penghalusan, pencetakan hingga pengemasannya.

Menariknya, para pegawai juga melihat pasta coklat hasil penggilingan pertama biji coklat yang diolah menjadi lemak coklat sebagai bahan baku utama penentu rasa enaknya coklat. Coklat produk buatan anak bangsa tersebut, diberi nama Vicco.

Diakhir kunjungan, seluruh pegawai Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti membeli aneka macam olahan kopi dan kakao dari CC-STP Jember.

Firly/bagus/rudsnow

Share this: