Lahan Menjadi Elemen Penting bagi Kemajuan Perguruan Tinggi Swasta

rs unri

Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, Prof Herri mengatakan penyediaan lahan yang representatif menjadi elemen penting untuk kemajuan kampus swasta. “Kampus yang memiliki lahan dan bangunan sendiri akan lebih mudah dalam pengelolaan dan pembinaan civitas akademika,” katanya di Padang, Selasa (25/4/2017).

Dia menyebutkan, bila lahan atau bangunannya mengontrak atau menumpang akan menganggu kestabilan kampus. Bisa saja, tambahnya saat sedang mengembangkan kampus harus mengurusi persoalan lahan seperti uang kontrak atau pengalihan fungsi. Untuk itu diharapkan bagi kampus yang akan menjadi universitas atau membuka program studi, persyaratan lahan ini perlu diutamakan. Dengan begitu tidak ada lagi hambatan saat mengembangkan kampus sekaligus memberikan kenyamanan dosen dan mahasiswa berprestasi.

“Bila masih belum bisa menyediakan lahan, kerja sama dengan pemilik atau penguasa lahan harus dilakukan,” kata dia. Dalam hal ini yayasan harus proaktif dalam memudahkan penyediaan lahan tersebut. Bila itu milik pemerintah maka hubungan yang harmonis perlu dibangun di antara kedua pihak. Kemudian bila dengan masyarakat, maka perlu menjalin komunikasi yang saling menguntungkan untuk menghindari konflik. “Pihak kampus harus menjelaskan pentingnya pendidikan tinggi untuk masyarakat, ini bisa jadi solusi, ” ujarnya.

Sementara itu salah satu mahasiswa di salah satu kampus swasta di Padang, Suci Wulan mengatakan kenyamanan mahasiswa untuk kuliah yakni sarana yang lengkap seperti tempat yang bagus, ada akses internet dan toilet yang bersih. Meskipun demikian, tambahnya bila ada konflik antara mahasiswa dan pengelola kampus seperti status bangunan berdampak pada rendahnya motivasi. Menurutnya salah satu faktor berprestasinya mahasiswa asal kampus negeri yakni penyediaan sarana representatif, ini perlu diadopsi di banyak kampus.

sus/news.okezone/foto rs pendidikan unri

Share this: