Lulusan Politeknik Lebih Unggul, Gaji Lebih Besar

gaji besar

Saat ini masih banyak yang menganggap bahwa lulusan diploma IV politeknik di bawah S1 universitas. Anggapan seperti itu tidak benar. Mengapa demikian? Karena kurikulum di politeknik lebih banyak praktik dari pada teorinya, sedangkan universitas lebih banyak kurikulum akademiknya dari pada praktik, sehingga lulusan politeknik lebih terampil dan unggul.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti Kemenristekdikti Patdono Suwignjo ketika diminta menjadi narasumber pada pertemuan Koordinasi Nasional Pengembangan Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tahun 2017, di Ballroom Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Kamis 23 Maret 2017.

Menurut Patdono, karena lulusan politeknik lebih unggul sudah seharusnya pihak industri menggaji mereka lebih besar. “Karena pada kenyataannya seperti itu, lulusan politeknik yang memiliki gelar diploma IV itu digaji lebih besar dibandingkan lulusan S1,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa salah satu upaya untuk menghilangkan anggapan kalau diploma IV politektik itu di bawah S1 universitas, antara lain tahun lalu Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti telah menyampaikan surat edaran agar istilah Diploma IV di politeknik diganti dengan S1 Terapan.

“Saya sudah memberikan surat edaran ke politeknik, sekarang jangan lagi menggunakan istilah D IV, saya sudah minta supaya istilah D IV diganti dengan S1 Terapan, surat edaran ini sudah saya sebarkan setahun yang lalu,” ujar Patdono, yang disambut tepuk tangan meriah dari para peserta koordinasi.

Upaya lain untuk menyetarakan lulusan pendidikan vokasi adalah setiap lulusan Diploma III politeknik juga sudah dapat melanjutkan hingga sampai S3 Terapan, yaitu dengan melakukan matrikulasi untuk mendapatkan teori yang lebih banyak di jenjang pendidikan berikutnya. Demikian juga sebaliknya, lulusan S1 akademik atau universitas dapat melanjutkan ke S2 terapan.

Share this: