Raih Akreditasi A, Target Universitas BINUS Masuk Top 100 Asia

BINUS-800x410

JAKARTA – Universitas Bina Nusantara (BINUS) secara resmi menjadi salah satu universitas yang mendapatkan akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT). Legalitas akreditasi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Nomor 2991/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

Surat Keputusan akreditasi A ini diserahkan oleh Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti  Kemenristekdikti Totok Prasetyo kepada Rektor Universitas BINUS Harjanto Prabowo, dan disaksikan oleh Koordinator Kopertis Wilayah III Illah Sailah dan Ketua Yayasan Bina Nusantara Bernard Gunawan di Auditorium Universitas BINUS, Kampus Anggrek, Jakarta, Selasa (24/01/2017).

Direktur Pembinaan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Totok Prasetyo menghimbau agar Universitas BINUS yang telah mendapatkan akreditasi A semakin baik dan unggul.

“Mendapatkan akreditasi A ini punya tanggung jawab yang lebih, dengan akreditasi A tentunya semua stakeholder BINUS harus berperilaku A, semua prosesnya, semua sistimnya harus A juga, dimana A adalah unggul, jadi jangan sampai tidak ada bedanya dengan akreditasi B,” pungkasnya.

Totok menjelaskan semua perguruan tinggi pada tahun 2019 harus memiliki akreditasi, namun sampai saat ini masih banyak perguruan tinggi yang belum memiliki akreditasi.

“Susahnya perguruan tinggi yang belum memiliki akreditasi dikarenakan sifat dasar manusia yang memanfaatkan the power of kepepet, jadi kalau belum kepepet belum dikerjakan, kedua karena ketidaktahuan akan pentingnya akreditasi, dan terakhir karena ketidakmauan perguruan tinggi tersebut untuk memiliki akreditasi, sehingga Kemenristekdikti sampai saat ini terus melakukan sosialisasi ke seluruh perguruan tinggi di Indonesia,” tambahnya.

Koordinator Kopertis Wilayah III Illah Sailah mengatakan, saat ini jumlah PTS yang memiliki akreditasi A di Kopertis Wilayah III, berjumlah 6 (enam) dari 333 PTS, jumlah ini meningkat dari dua tahun lalu yang hanya berjumlah 1 (satu) PTS terakreditasi A.

“Tentunya pencapaian ini bukan sesuatu yang mudah dan instan, namun semua ini melalui proses, mulai dari memenuhi seluruh standar yang ada di Indonesia, sebagaimana kita ketahui bahwa standar semakin meningkat karena di luar negeri pun semakin meningkatkan lagi mutunya, akibat dari keinginan stakeholder tentang kompetensi lulusan semakin meningkat,” ujar Illah.

Sementara itu, Rektor Universitas BINUS Harjanto Prabowo akan terus membantu pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Indonesia. “Akreditasi A ini adalah bagian dari perjalanan BINUS mencapai visi di tahun 2020, dimana selain pencapaian visi ini, ada target untuk masuk dalam peringkat 100 Asia, dan mendapatkan beberapa akreditasi International,” harapnya.

Sebelumnya, Universitas BINUS juga mendapatkan penghargaan sebagai PTS terbaik sejak tahun 2012 dari Kopertis Wilayah III DKI Jakarta. Selain itu, untuk Tingkat Regional Asia, Universitas ini terpilih sebagai The 2016 Asian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Winner di Bidang Knowledge Management.

Di Tingkat Internasional, sesuai dengan standar pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Quacquarelli Symonds (QS), sebuah lembaga kredibel yang dipercaya dalam penilaian pendidikan tingkat universitas di seluruh dunia. Universitas BINUS tercatat dalam 11 Universitas Terbaik Indonesia di kancah Asia dan selangkah lagi akan masuk ke dalam Top 200 Universitas Terbaik di Asia.

(firly/SN)

Share this: