Aplikasi Bentor Online

GORONTALO – Pesatnya perkembangan teknologi informasi mendorong mahasiswa Jurusan Teknik Informatika UNG, berkreasi dalam mengembangkan aplikasi yang bermanfaat untuk masyarakat. Salah satu aplikasi yang saat ini berhasil dikembangkan oleh mahasiswa tersebut adalah aplikasi Antar-antar.

Aplikasi yang diciptakan berbasis Android merupakan aplikasi untuk jasa pemanfaatan transportasi Bentor. Jika di daerah besar telah menggunakan Gojek maupun Grab Bike untuk memudahkan jasa pelayanan transportasi, maka di Gorontalo mahasiswanya mengisiasinya melalui jasa transportasi Bentor online.

Aplikasi tersebut secara resmi di launching pada Sabtu (8/1) dan bisa langsung digunakan oleh masyarakat Gorontalo. Aplikasi Antar-antar bisa di download secara gratis di Play Store, serta dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Gorontalo dalam mendapat kan layanan transportasi Bentor.

Dosen Jurusan Teknik Informatika Agus Lahinta mengungkapkan, aplikasi antar-antar dikembangkan oleh 4 mahasiswa Teknik Informatika yakni Imam Buke, Syaifuddin Yunus, Khairudin Mentor, dan Muhammad Rivai Sali. Untuk pengembangan aplikasinya disiapkan dengan memakan waktu kurang lebih 6 bulan, meliputi tahap perencanaan hingga implementasi di Lapangan.

“Ide awal dari pengembangan aplikasi ini berawal dari keinginan untuk menghadirkan Implementasi teknologi smartphone dalam kehidupan masyarakat Gorontalo,” ungkapnya.

Salah satu kebutuhan yang saat ini diinginkan masyarakat Gorontalo menurut Agus adalah kemudahan dalam mengakses jasa transportasi Bentor, dengan kepastian tarif ketika menggunakan jasa transportasi khas daerah Gorontalo tersebut. Hal ini didapatkan dari survei awal yaitu mendeteksi masalah yang dihadapi oleh konsumen yakni masih manual.

“Akses manual itu berupa akses dari konsumen ke pengendara Bentor, begitu juga sebaliknya. Survei biaya dan jarak juga dilakukan pada bagian awal ini,” kata Agus.

Lebih lanjut dijelaskan Agus, setelah semuanya siap untuk diimplementasikan, maka pengemudi bentor sendiri, pada smartphone yang dimiliki di instalkan aplikasi antar antar khusus untuk pengemudi bentor. Sedangkan untuk konsumen dapat mendownload secara langsung dan gratis melalui Play Store untuk aplikasi antar antar.

Saat ini, sudah tercatat 20 pengemudi Bentor yang menggunakan aplikasi antar antar, sementara masyarakat yang telah mendownload telah mencapai dua ribu, dan jumlah tersebut diprediksi bakal terus bertambah.

Bagi pengemudi bentor yang ingin mendaftar, bisa datang langsung ke Sekretariatnya, yang terletak di Jalan Taman Surya, Kec. Kota Tengah, Kota Gorontalo. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pengemudi bentor, seperti bentor merupakan milik pribadi, mempunyai KTP dan SIM serta Smartphone.

“Yang mendaftar akan kita berikan lagi pembekalan dan juga diberikan rompi khusus antar antar,” ujarnya.

Antar antar ini merupakan salah satu bisnis start Up yang dikembangkan mahasiswa, dan diharapkan dapat menjadikan anak muda Gorontalo lainnya lebih kreatif dan inovatif dalam berkarya. Kedepannya aplikasi antar antar dapat menjawab beberapa kebutuhan masyarakat dalam mempermudah kegiatan lainnya seperti berbelanja kebutuhan harian, makanan, laundry dan lainnya. (GP/wahid)

sumber: http://www.ung.ac.id/

Share this: