Universitas Palsu Ungkap Pelanggaran Imigrasi

160406090230_university_of_northern_new_jersey__640x360_reuters

Dua puluh satu orang ditangkap setelah pemerintah Amerika Serikat mendirikan sebuah universitas palsu untuk mengungkap pelanggaran imigrasi.

Para pejabat mengatakan tersangka pelaku mengetahui University of Northern New Jersey memang tidak pernah ada tetapi mereka tidak menyadari bahwa ‘universitas’ tersebut dijalankan oleh dinas imigrasi.

Tersangka bertindak sebagai perantara bagi lebih 1.000 orang asing yang berusaha mempertahankan visa belajar atau bekerja, kata jaksa.

Sebagian besar warga asing yang terkena pengaruhnya berasal dari Cina dan India

Pihak imigrasi akan menangani warga asing yang terkena dampaknya namun mereka tidak akan dihukum, kata para pejabat.

“Ini hanyalah salah satu perhentian sebagai bagian dari tur ‘bayar-untuk-tinggal,” kata Paul Fishman, jaksa AS untuk New Jersey kepada kantor berita Associated Press.

Pejabat federal Amerika Serikat sengaja membuat situs internet palsu dan berpura-pura sebagai pihak yang berhubungan dengan para tersangka perantara yang menawarkan visa belajar atau bekerja sebagai alasan untuk tinggal di Amerika Serikat.

Rekaman pembicaraan antara agen dengan tersangka pelaku menunjukkan praktek perpanjangan visa yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

bbc.com

Share this: