IPB Science Techno Park Tawarkan Inovasi Pertanian Ke Industri

IPB

Institut Pertanian Bogor (IPB) mengundang pelaku industri dan swasta untuk melihat peluang binis dari produk jadi yang dikembangkannya dengan menggelar open house Science Techno Park di Taman Kencana Kota Bogor Jawa Barat, Selasa (27/9/2016).

“Secara khusus kami mengundang pihak industri dan swasta untuk menghadiri open house IPB Science Techno Park untuk melihat langsung produk inovasi yang dikembangkan IPB. Harapannya membuka peluang bisnis bersama,” kata Direktur IPB Science Techno Park, Meika Syahbana Rusli.

Ia menjelaskan keberadaan IPB Science Techno Park diproyeksi akan memberikan keuntungan ekonomi, sosial serta lingkungan. Keuntungan ekonomi berupa peningkatan nilai tambah produk dan penciptaan lapangan pekerjaan.

Keuntungan sosial berupa tersedianya wahana pembelajaran bagi masyarakat, sedangkan keuntungan lingkungan berupa, menambahnya lahan terbuka hijau serta ruang terbuka bagi terciptanya atmosfer yang baik di Kota Bogor.

“Jadi IPB Science Techno Park ini tempat melanjutkan fase penelitian sehingga hasil inovasi dapat diimplementasikan sebagai produk yang bisa ditawarkan dan dijual kepada masyarakat,” katanya.

Ada ratusan hasil penelitian IPB dan inovasi yang dapat ditemui di IPB Science Techno Park di antaranya, benih padi IPB 3S yang berpotensi memberikan hasil 11 ton per hektare, pepaya calina yang kini menjadi favorit di masyarakat, beras analog yang cocok untuk penderita diabetes dan obesitas.

Selain itu katulac yakni pakan tambahan untuk sapi perah, mesin fastrex transporter untuk lahan perkebunan dan kehutanan, mie jagung, sormeal sereal yang sehat terbuat dari bahan sorgum, sasumuzi, inventpro enzim rekombinan reverse transcriptase, dan rapit test flu burung berupa alat tes untuk mendeteksi flu burung secara cepat.

“Open house ini kami rancang terbuka juga bagi semua pihak yang ingin mengenal produk-produk inovasi IPB dan ingin bekerja sama dan mengembangkannya,” kata Meika.

Sumber:http://news.okezone.com/read/2016/09/27/65/1499544/ipb-gandeng-industri-swasta-kembangkan-hasil-inovasi

Share this: