Usul Bantuan Fasilitasi Kerja Sama Internasional PT hingga 24 Juni

totok prasetyo

Direktur Pembinaan Perguruan Tinggi Totok Prasetyo kembali mengingatkan batas akhir pengajuan usul Program Bantuan Fasilitasi Kerja Sama Internasional (BFKSI) Perguruan Tinggi , yakni Jumat, 24 Juni 2016 pukul 12.00 WIB.

Sebelumnya, melalui pengumuman bertanggal 10 Mei 2016 disebutkan, Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti kembali memberikan kesempatan kepada perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti program BFKSI perguruan tinggi. Skema tersebut untuk program gelar bersama (tema A), gelar ganda (tema B), dan ambil kredit atau alih kredit (tema C).

Diselenggaran sejak 2011, program ini disebutkan sebagai salah satu wujud komitmen Ditjen Kelembagaan Iptek dan Dikti untuk memberikan dukungan dalam pengembangan program internasionalisasi perguruan tinggi di Indonesia.

Lebih lanjut dikemukakan, tema A “Penguatan Kelembagaan dalam Penyelenggaraan Kerja Sama Internasional Gelar Bersama”dengan nilai hibah Rp75 juta per PT untuk kerja sama dengan universitas di Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Taiwan, Australia, dan Selandia Baru (zona I), dan Rp100 juta per PT untuk kerja sama dengan universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan Uni Eropa (zona II).

Tema B “Penguatan Kelembagaan dalam Penyelenggaraan Kerja Sama Internasional Gelar Ganda” dengan nilai hibah Rp75 juta per PT untuk kerja sama dengan universitas di Korea Selatan, Tiongkok, Jepang, Taiwan, Australia, dan Selandia Baru (zona I), dan Rp100 juta per PT untuk kerja sama dengan universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan Uni Eropa (zona II).

Tema C “Penguatan Kelembagaan dalam Penyelenggaraan Kerja Sama Internasional Kegiatan Alih atau Ambil Kredit”dengan nilai hibah Rp50 juta per PT di zona I dan zona II. Khusus untuk program studi Keperawatan, perguruan tinggi dapat mengajukan kerja sama dengan perguruan tinggi mitra yang berasal dari negara Filipina, selain negara-negara yang disebut sebelumnya.

Adapun penyaluran dana hibah BFKSI tahun anggaran2016 akan dilakukan dengan makanisme kontrak dan akan dibayarkan dalam empat tahap. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di Panduan  BFKSI Tahun Aggaran 2016 di

.

Proposal usulan BFKSI harus sudah diterima selambat-lambatnya 24 Juni 2016 pukul 12.00 WIB dengan alamat : Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi u.p. Kasubdit Kerja Sama Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Gedung D Lantai VI Jalan Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan Jakarta 10270. Informasi lebih lanjut juga dapat diperoleh melalui Puguh Hadi S, surel: pghadi87@gmail.com.

Share this: